Ibu hamil yang diketahui terinfeksi HIV, akan dilakukan upaya pencegahan yang bertujuan agar bayi yang dilahirkan terbebas dari HIV, serta ibu dan bayi tetap hidup dan sehat. Upaya yang dilakukan ini terdiri dari pemberian terapi ARV pada ibu hamil, persalinan yang aman bagi ibu dan bayi, dan pemberian terapi ARV profilaksis pada bayi serta pemberian nutrisi yang aman pada bayi.

ARV pada Ibu Hamil dan Bayi

Metode paling efektif untuk mencegah transmisi HIV dari ibu ke anak adalah dengan menurunkan jumlah virus HIV dalam darah ibu yang sedang mengandung. Efektivitas penggunaan ARV untuk mencegah transmisi HIV dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Siegfried, dkk. Dalam studi tersebut dilakukan pada 25 uji klinis yang memberikan ARV profilaksis maupun terapi ARV kombinasi kepada ibu untuk mencegah transmisi infeksi HIV dari ibu ke anak. Terapi ARV kombinasi ini terbukti merupakan terapi yang paling efektif untuk mencegah transmisi infeksi HIV dari ibu ke anak.

 

Seluruh ibu hamil dengan infeksi HIV harus diberi terapi ARV, tanpa melihat jumlah CD4nya. Kehamilan sendiri merupakan indikasi pemberian ARV yang dilanjutkan seumur hidup. Pemeriksaan CD4 dapat dilakukan untuk memantau hasil pengobatan, namun bukan sebagai acuan untuk memulai terapi. 

 

Seluruh bayi lahir dari ibu HIV wajib mendapatkan ARV profilaksis. Pemberian ARV profilaksis dengan dosis yang direkomendasikan dengan dokter sebaiknya mulai diberikan pada usia 6-12 jam setelah lahir, atau setidak-tidaknya kurang dari usia 72 jam. Pemberian ARV pada bayi yang lahir dari ibu HIV bertujuan untuk mencegah transmisi HIV yang terjadi terutama pada saat persalinan dan menyusui. Prinsip pemberian ARV profilaksis pada bayi lahir dari ibu HIV adalah sebagai pencegahan pasca-pajanan (PPP) yang bertujuan untuk menurunkan risiko infeksi HIV setelah mendapat pajanan potensial.

 

Info Source: https://siha.kemkes.go.id/portal/files_upload/PNPK_HIV_Kop_Garuda__1_.pdf

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.