HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Jika makin banyak sel CD4 yang hancur, daya tahan tubuh akan makin melemah sehingga rentan diserang berbagai penyakit.

Penularan HIV terjadi melalui kontak dengan cairan tubuh penderita, seperti darah, sperma, cairan vagina, cairan anus, serta ASI. Perlu diketahui, HIV tidak menular melalui udara, air, keringat, air mata, air liur, gigitan nyamuk, atau sentuhan fisik.

HIV membutuhkan waktu untuk masuk ke dalam tubuh dan ber-replikasi di dalam tubuh. Hal ini dikenal dengan nama siklus hidup HIV. Ada tujuh tahapan dalam siklus hidup HIV, berikut merupakan siklus hidup dari HIV.

1. Binding

Pada tahapan pertama siklus hidup HIV, virus akan menyerang sel CD4 dengan menempel pada receptors yang ada pada permukaan sel tersebut. Sel CD4, atau yang biasa disebut dengan sel T adalah tipe sel darah putih yang bertugas memberi peringatan kepada sel imun ketika ada infeksi di tubuh.

2. Fusion

Setelah HIV melekat pada sel, HIV akan menyuntikkan glycoprotein (GP 120) ke dalam cairan seluler dari sel CD4. Proses fusion akan menerima HIV untuk masuk ke dalam sel CD4.

3. Reverse Transcription

Reverse Transcription adalah proses mengubah informasi genetik RNA menjadi DNA. Pada tahap ini, virus mengubah RNAnya menjadi DNA dengan bantuan enzim reverse transcriptase.

4. Integration

Setelah HIV mengubah RNA-nya menjadi DNA, virus tersebut akan melepaskan enzim integrase di dalam sel CD4 untuk menggabungkan DNA virus dengan DNA sel CD4.

5. Replication

Karena HIV sudah terintegrasi dengan DNA sel CD4, hal ini memungkinkan untuk sel menghasilkan viral proteins dan lebih banyak lagi materi genetik (RNA).

6. Assembly

Pada tahap ini, protein dan RNA HIV yang baru dikirim ke bagian ujung sel CD4 dan menjadi virus yang belum dewasa (pada bentuk ini, virus belum dapat menginfeksi).

7. Budding

Selanjutnya, virus-virus yang belum dewasa tadi akan didorong keluar dari sel CD4. Lalu, mereka akan mengeluarkan enzim protease yang akan membuat virus tersebut menjadi dewasa dan dapat menginfeksi.

 

Source:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/754/ayo-cari-tahu-apa-itu-hiv#:~:text=HIV%20(human%20immunodeficiency%20virus)%20adalah,saja%20menjadi%20masalah%20kesehatan%20dunia.

http://maphan.mhs.unm.ac.id/2022/04/18/siklus-hidup-hiv/

https://www.healthline.com/health/hiv-life-cycle#fusion

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.