Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan alat kontrasepsi juga ikut berkembang, salah satunya adalah penggunaan kondom. Sekarang, banyak dijumpai kondom dengan berbagai rasa dan aroma. Kamu mungkin berpikir kondom berasa merupakan taktik penjualan belaka, ternyata kondom berasa dan beraroma ini mempunyai fungsi yang sangat baik untuk kesehatan kita.

 

Pada dasarnya, kondom berasa dan beraroma dirancang ketika kamu ingin melakukan oral seks. Rasa dan aroma yang ada pada kondom berfungsi untuk menutupi rasa lateks dari kondom itu sendiri dan membuat oral seks lebih nikmat. Banyak sekali variasi dari rasa dan aroma yang dimiliki oleh kondom yang dijual di pasaran, mulai dari rasa stroberi hingga rasa es kopi susu. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah apakah penting menggunakan kondom saat melakukan oral seks?

 

Apakah penting menggunakan kondom saat oral seks?

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa 85% orang dewasa yang aktif secara seksual dan melakukan oral seks, hanya 2% dari mereka yang menggunakan pengaman atau kondom. Pada saat yang bersamaan, CDC melaporkan ditemukan hampir 20 juta infeksi dari Penyakit Menular Seksual (PMS) baru setiap tahunnya. 

 

Oleh karena itu, penggunaan kondom saat melakukan oral seks sangatlah penting. Karena pada dasarnya, penggunaan kondom tidak hanya digunakan untuk mencegah kehamilan saja tetapi juga digunakan sebagai upaya untuk mengurangi penularan Penyakit Menular Seksual (PMS).

 

Tips menggunakan kondom berasa

  • Periksa bungkus kemasan kondom.

Ketika kamu ingin membeli kondom, selalu pastikan bahwa kondom yang kamu beli dalam keadaan baru dan terbungkus dengan baik.

  • Cek tanggal kadaluarsa pada kemasan kondom

Penting untuk selalu cek tanggal kadaluarsa dari kondom yang akan kamu beli. Kondom yang sudah kadaluarsa akan memiliki tingkat ketahanan yang rendah, sehingga akan mudah sobek dan bocor. Kondom yang sobek atau bocor dapat meningkatkan penyebaran HIV dan Penyakit Menular Seksual (PMS).

  • Pilih kondom dengan ukuran yang pas

Pastikan kondom yang akan kamu beli sesuai dengan ukuranmu untuk mencegah terlepas atau robeknya kondom ketika digunakan saat berhubungan seksual.

  • Selalu menggunakan kondom yang baru

Kamu tetap harus menggunakan kondom yang baru walaupun kondom tersebut sebelumnya hanya dipakai untuk oral seks saja. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran Penyakit Menular Seksual (PMS).

 

Dimana kamu dapat membeli kondom berasa?

Saat ini, kondom sudah tersedia di sebagian besar supermarket dan minimarket di Indonesia. Kamu dapat membeli kondom di swalayan, apotek, atau supermarket dekat rumahmu. Jika kamu tidak ingin beli secara langsung, kamu dapat membelinya melalui aplikasi online yang tersedia.

 

Source

cdc, healthline, manmatters, onecondoms, healthshots

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.