a2

Dalam rangka memperingati hari kesehatan Nasional & Hari Toleransi international di bulan Nopember ini. PKBI Kaltim bekerja sama dengan Dinas Kesehatan kota Samarinda & Provinsi Kaltim, KPA kota Samarinda & Provinsi Kaltim, Bersama berpartisipasi dan menyelenggarakan kegiatan edutainment untuk kesekian kalinya, yang kali ini bertemakan “Mari Berubah,Menuju Masa Depan Tanpa Penularan HIV”,acara ini tepatnya diselenggarakan pada tanggal 18 Nopember 2016.

Edutainment ini mengedepankan bagaimana teman-teman dari komunitas yang peduli kesehatan bisa mendapatkan haknya atas informasi kesehatan dan terutama keterkaitan dengan HIV-AIDS, IMS, TB,Hepatitis,Kondom, dll. Acara dikemas semenarik mungkin dengan menampilkan hiburan-hiburan yang di isi oleh teman- teman komunitas, mulai dari lypsinc, live music & karaoke. Penonton yang hadir pun semakin antusias karena pada setiap informasi yg di sampaikan oleh fasilitator juga ada diselipkan pertanyaan yang bisa dijawab oleh pengunjung dan bisa mendapatkan banyak hadiah. Belum lagi undian door prize bagi undangan yang hadir dan melakukan VCT, ada hadiah tersendiri untuk mereka.

Pada acara kali ini juga panitia menyediakan stand untuk Foto booth, tentu saja yang sudah dibuat semenarik mungkin dan ada juga Pohon Harapan, dimana setiap tamu undangan dapat menuliskan harapannya dan menggantungnya dipohon tersebut. Dari keseluruhan harapan yang ada, dipilihlah 2 harapan terbaik yg dibacakan oleh MC dan si penulis bisa mendapatkan hadiah atas tulisan harapannya.

Layanan VCT dibuka mulai dri awal acara hingga selesai, yg di support langsung oleh Puskesmas Bengkuring. Serta yang tidak kalah istimewanya, Konsellor dan juga beberapa dokter rekanan juga mau hadir dan turut berpartisipasi.

Dari rangkaian acara yang ada, kami juga bertujuan untuk memperkenalkan website GueBerani.com, disini tema #GueBerani #SayaBerani , kami masukkan dalam latar foto booth, back drop panggung. Dan juga kami menayangkan website gueberani melalui layar proyektor. Sehingga dari awal masuk ke lokasi acara, pengunjung sudah diperkenalkan dengan website tersebut. Respon dari teman- teman komunitas juga sangat antusias, mereka jadi semakin mudah dalam mendapatkan informasi kesehatan dan lebih mudah juga dalam mengaksesnya.

Hingga akhir acara edutainment, ada sejumlah 60 orang dari undangan yang hadir, lebih dari yang kami perkirakan. Sangat bersyukur sekali ungkap koordinator program, Bpk. Muran Gautama. Yang mana acara yang diselenggarakan oleh tim Penjangkau Lapangan ( PL ) dapat berjalan lancar, serta disambut antusias pula oleh teman-teman komunitas,tamu undangan dan stakeholder. Apalagi banyak wajah-wajah baru dari teman-teman komunitas yang sebelumnya cukup “hidden”, sekarang mau mulai membuka diri. Dan ini tentunya akan memudahkan tim penjangkau nantinya dalam menjalankan program penanggulangan HIV AIDS, lanjut pak Muran.

Kami juga sempat mengutip komentar dari Sekertaris  Komisi Penanggulangan Aids  Provinsi Kalimantan Timur yaitu Bpk. Jurnanto, beliau sangat bangga dan berterima kasih sekali karena PKBI dan tim, aktif sekali dalam membantu mensosialisasikan dan menjalankan program menanggulangi HIV AIDS, khususnya diwilayah kota samarinda, Kaltim. Beliau juga sangat mensupport acara yang diadakan. Harapan beliau semoga tamu undangan yg hadir juga bisa menjadi perpanjangan tangan untuk melanjutkan informasi ke rekan komunitas dan masyarakat umum lainnya.

Dari rangkaian acara yang berjalan dan terselenggara banyak sekali hal-hal baru yang dari tim dapatkan. Salah satunya adalah dengan mengemas acara semenarik mungkin, seramah mungkin dan disesuaikan. Maka tidak terlalu sulit sebenarnya dalam merangkul, mengajak dan mengumpulkan teman-teman dari komunitas, sehingga sangat memudahkan sekali dalam proses edukasi kesehatan kepada mereka. Ditambah lagi ternyata banyak dari teman-teman komunitas yang memiliki talent, sehingga bisa diberdayakan dalam hal-hal yang positif.

Salam Berani Gebers.

 

a3

a5

a4

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.