pencegahan2“Bagaimana cara menghindari HIV?” pertanyaan ini sangat sering sampai ketelinga gue atau gue baca.Jadi gue akan mengulas semua pilihan. Dimana nanti loe bisa menentukan pilihan mana yang tepat buat loe. Tapi gue sarankan menggunakan kombinasi untuk memastikan keamanan. Ini bukan hanya tentang kondom atau pantangan. Kita hidup di zaman keemasan pencegahan,dan penelitian yang berlangsung selama pencegahan sangat luar biasa.

Kondom

Selalu gunakan, tidak ada pertanyaan, lakukan saja !!! Hal ini adalah garis pertahanan pertama, dan yang paling mudah didapat. Kecuali loe berada dalam hubungan yang benar-benar monogami dengan pasangan loe, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan kondom. Secara statistik, menggunakan kondom saja bisa mengurangi risiko penularan HIV hingga 98% jika digunakan dengan benar.

Pre-Exposure Profilaksis

Juga dikenal sebagai PrEP, Pre-Exposure Profilaksis adalah kombinasi dari dua obat (tenofovir dan emtricitabine) yang dijual di bawah nama merek Truvada. Pil ini diminum sekali sehari dan dapat mengurangi risiko terinfeksi HIV hingga 90% dari seks, dan sampai 70% dari penggunaan narkoba (jarum). Apakah 90% suara yang sempurna? tidak. Sekali lagi, gunakan kondom dan faktor risiko turun bahkan lebih. Dan jika biaya Truvada terlihat menakutkan, banyak perusahaan asuransi menutupi biaya, bahkan produsen obat Gilead menawarkan program bantuan bagi orang-orang dengan sedikit atau tanpa asuransi. Sekali lagi, seperti kondom, tidak ada alasan juga untuk tidak mengambil PrEP, kecuali dokter loe mengatakan ada masalah kesehatan individual loe.

Profilaksis pasca-Exposure

Dikenal sebagai PEP, Post-Exposure Profilaksis digunakan setelah seseorang terkena HIV. Ini adalah pilihan terakhir ketika, untuk beberapa alasan, Anda tidak menggunakan salah satu dari pilihan lain. Obat ini harus diambil dalam waktu 72 jam dari ketika seseorang terkena, dan harus diambil selama beberapa minggu. Seperti PrEP, sebagian besar perusahaan asuransi akan mencakup obat ini. Jika asuransi ada masalah, ada program untuk menerima PEP gratis.

Pantang

Pantang adalah jaminan hanya 100% untuk mencegah tertular HIV. Tetapi kemungkinan bahwa mayoritas penduduk tidak berpantang dari seks. Saya menyebutkan pantangan karena untuk beberapa hal itu adalah sebuah pilihan, pilihan yang sulit, tapi satu tetap.

Tahu Status Loe

Hal berikutnya yang loe ingin bicarakan adalah pasangan sero-diskordan. Apakah ini berarti bahwa salah satu pasangan HIV-positif dan yang lainnya adalah HIV-negatif. Saat gue menemukan bahwa gue HIV-positif, gue berpikir bahwa gue tidak akan pernah bisa jadi dengan seseorang kecuali mereka juga positif. SALAH ! gue sudah dua kali berhubungan jangka panjang sejak tahu status gue. Kedua orang itu status HIV nya masih  HIV-negatif. Pasangan pertama gue tidak menggunakan PrEP, tapi kami menggunakan kondom dan gue meminum  obat ARV setiap hari  untuk menjaga viral load gue pada tingkat tidak terdeteksi. Orang kedua, gue masih dalam hubungan cinta dengannya, dia mengambil PrEP harian. Kedua laki-laki ini selalu melakukan tes IMS untuk memastikan menjadi lebih aman. Dengan menjadi bertanggung jawab mereka telah berhasil untuk tetap negatif.

Hal terakhir yang gue ingin tekankan adalah, setelah usaha untuk tetap aman dan cerdas, gue juga tahu pada waktu saat itu gue sangat ketakutan untuk tes HIV, tapi loe harus mencobanya. Terus terang dari karena itulah gue bisa menemukan status gue lebih cepat. Gue beruntung meskipun dengan HIV Positive tapi tidak banyak kerusakan yang dilakukan virus ini.

 

Sumber : http://www.hivequal.org/education/hiv-101-hiv-prevention

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.