Menyambut Hari Pahlawan di Bulan November ini, kita bakal bahas tentang pahlawan atau superhero. Kata pahlawan identik dengan kata tolong, karena dalam buku sejarah atau film action manapun, yang namanya pahlawan atau superhero itu kerjanya ya nolong orang. Tapi, kalau kembali ke asas P3K dimanapun, kita perlu ingat untuk menolong diri sendiri sebelum mampu menolong orang lain lho! Kalo kita sendiri ga selamet, gimana kita bisa nolong orang lain?

Penting ya nolong diri sendiri?
Tentu saja! Kalau kita ga dalam keadaan baik-baik aja, kita ga akan bisa nolong orang lain. Makanya jadi penting buat kita untuk tahu caranya nolong diri sendiri.

Sebenernya, apa sih maksudnya nolong diri sendiri?
Sebelum kita jadi tempat curhat orang lain dan bantu orang lain cari solusi dari permasalahan hidupnya, kita harus memastikan bahwa kita sendiri dalam keadaan yang oke, baik secara fisik maupun mental.

Terus, gimana caranya nolong diri sendiri?
Beberapa tips berikut ini mungkin bisa jadi cara untuk membantu diri sendiri untuk jadi lebih baik, sebelum membantu orang lain menghadapi masalah hidupnya.

1.Tidur yang cukup
Orang yang ga cukup tidur cenderung akan cranky, moody dan bawaannya “ngegas” seharian. Kerjaan dan aktivitas juga jadi lamban. Bikin kita jadi ga produktif.

2.Buat catatan keuangan
Walaupun kelihatannya ga penting-penting amat, tapi buat catatan keuangan adalah cara yang ciamik untuk mencegah stres yang ga perlu karena bingung uang kita abis dipake apa.

3.Atur pola makan
Ini salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik. Apapun yang masuk ke tubuh bakalan berdampak ke kesehatan kita. Bolehlah sesekali makan enak untuk menyenangkan diri, tapi pastikan kita makan perwakilan semua unsur makanan (protein, karbohidrat, lemak, sayuran) dan ga ada yang kita makan kebanyakan.

4.Olahraga rutin
Ga usah yang susah-susah, cukup dengan jalan 30 menit setiap harinya. Bisa misalnya dengan jalan kaki 15 menit ke tempat kerja atau kampus, lalu lakukan juga pas pulang. Turunlah dari transportasi online atau kendaraanmu agak jauh dari lokasi supaya ada kesempatan untuk berjalan kaki.

5.Jaga pertemanan
Kalo yang ini adalah cara menjaga kesehatan mental. Bukan hanya merawat pertemanan dengan orang-orang yang kasih efek positif buat kita, jaga pertemanan juga dengan membatasi komunikasi dengan kerabat yang toxic alias kasih efek negatif. Gimana cara bedainnya? Simpel, kalau tiap kali bersama orang itu, kita merasa resah, tidak bisa jadi diri sendiri, tertekan atau bahkan bawaannya emosi, besar kemungkinan orang itu toxic buat kita.

 

Nah kalo udah prima, baru deh kita bisa bantu orang lain.
Termasuk juga kasih dukungan ke teman kita yang ODHA ataupun yang lagi cari info seputar HIV AIDS. Yakinkan bahwa kita ada untuk mendengarkan curhatannya. Jangan lupa perbanyak juga pengetahuan kita tentang layanan kesehatan yang memberikan layanan tes dan pemeriksaan HIV AIDS dan informasi terbaru lainnya untuk membantu kasih dukungan moral ke mereka. Menjadi pahlawan tidak harus muluk-muluk, cukup dengan menjadi tempat bercerita bagi kerabat kita yang butuh didengarkan.

 

Oleh: NQ

 

 

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.