Memperingati hari AIDS SEDUNIA di bulan Desember ini atau tepatnya di tanggal 1 Desember kemarin. Sebagai bentuk dukungan dan aksi peduli terhadap ODHA ( Orang Dengan HIV AIDS ), berbagai pihak pun turun dan berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PKBI kaltim bekerja sama dengan KPAP kaltim & KPA kota Samarinda. Masih dengan mengusung tema “ Mari Berubah, Masa Depan Gemilang, Tanpa Penularan HIV”. Dengan semangat tersebut lah dari tim penanggulangan HIV AIDS kota Samarinda KalTim trus berupaya menggalakan dan mengadakan kegiatan-kegiatan yang mana diharapkan dapat berdampak pada pemaksimalan penyebaran informasi seputar HIV AIDS dimasyarakat dan dengan demikian masyarakat dapat menghindari penularan dari penyakit tersebut dan lebih peduli terhadap orang-orang yang terinfeksi.

Diawali dengan aksi damai dan solidaritas turun kejalan oleh tim penjangkau Lapangan PKBI Kaltim di seputaran simpang lampu merah Lembuswana Samarinda. Diikuti juga oleh perwakilan dari KPA kota & Provinsi KalTim, dinas kesehatan kota & Provinsi kaltim, perwakilan-perwakilan dari universitas di kota samarinda, serta kelompok komunitas-komunitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Aksi kepedulian ini diharapkan dapat mengingatkan seluruh lapisan masyarakat bahwasannya HIV AIDS  perlu mendapatkan perhatian kita semua. Suara dan aspirasi pun ditunjukkan oleh peserta aksi dengan memajang spanduk-spanduk berisikan dukungan terhadap ODHA, info-info pencegahan Penularan, serta tulisan yang mangajak untuk stop diskriminasi terhadap odha.

Antusias masyakat yang lewat pun terlihat pada saat Pembagian flayer, bunga, pita merah yang juga turut menghiasi aksi damai ini. Aksi ini dilaksanakan pada tanggal 1 desember dan diikuti lebih dari 200 peserta.  Mulai dari pukul 15.00 s/d 17.00 wita.

Dilanjutkan dengan kegiatan “Malam Renungan AIDS” yang mana menambah bentuk kepedulian dan simpatik terhadap teman-teman ODHA, baik yang telah menghadap Sang Pencipta mau pun yang masih berjuang hidup. Hal ini juga kami adakan untuk memperlihatkan & mengingatkan  ke pada masyarakat umum bahwasannya banyak stigma dan opini dimasyarakat yang masih salah perihal HIV AIDS dan orang-orang yang menyandangnya. Acara ini juga kami awali dengan kemasan hiburan- hiburan yang mana diisi oleh teman-teman dari komunitas LGBT,berupa live music, lipsink, dan juga melibatkan masyakat umum yaitu berupa band acoustic, modelling,rapper, dan stand up comedy. Untuk support kegiatan VCT kami libatkan dari tim Puskesmas Temindung Samarinda.

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara ini dilaksanakan pada 3 des 2016 dan di selenggarakan oleh PKBI kaltim bekerja sama dengan KPA serta pihak Big Mall Samarinda selaku penyedia tempat acara.

Antusias masyarakat sangat meriah dalam kegiatan ini, mulai dari awal acara hingga akhir acara. Karena selain hiburan, informasi dan edukasi, juga kami bagikan hadiah-hadiah untuk pengunjuk yang hadir dan yang bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh Mc.

 

Tema  WADAY ( World AIDS DAY ) menjadi Puncak dari rangkaian Hari AIDS SEDUNIA yang di motori oleh PKBI kaltim. Acara yang dilaksanakan bekerjasama dengan KPA, Dewan Kesenian Samarinda, PIK Pesut Mahakam Universitas Mulawarman Samarinda, Samarinda Central Plaza, BKKN, dan tentunya partisipasi teman-teman komunitas.

 

 

 

 

 

 

10 Desember 2016 menjadi hari pelaksanaan kegiatan tersebut. Acara ini dilaksanakan mulai dari pkl: 10.00 s/d 22.00. Antusias pengunjung mall dan tamu undangan sangat terasa sekali dari awal pembukaan hingga akhir acara, karena begitu banyaknya pertunjukan menarik yang disajikan  dalam rangkaian acara ini, diantaranya Tari kreasi daerah ( Dayak ) yang dibawakan oleh teman-teman komunitas LSL dan Waria(Persatuan Waria Samarinda), Acapella, DJ, lipsink, live music, flashmob, jumpstyl, shuffle dance, komunitas manusia batu, dan yang juga tidak kalah serunya adalah penampilan dari Mamanda (sandiwara tradisional Banjar ) yang menampilkan sandiwara dengan memasukan informasi seputar HIV AIDS dan dalam pertunjukan ini Bpk. Muran Gautama selaku Manager Program Penanggulangan HIV AIDS dari PKBI KALTIM,  turut berperan dalam sandiwara tersebut sebagai paduka raja.

 

 

 

 

 

 

Perlombaan Band acoustic, Ranking 1 dan Rapper turut meramaikan dari kegiatan ini dan tentu saja mengusung tema peringatan hari AIDS.

 

 

 

 

 

 

 

Dalam kegiatan ini juga tidak lupa dilakukan VCT Mobile yang di support oleh 3 puskesmas yaitu dari Puskesmas Sidomulyo, Puskesmas Bengkuring dan Puskesmas Temindung. Dari kegiatan ini mampu menjaring kurang lebih 300 orang yang melakukan Test. Sehingga bisa dibilang melebihi dari target yang di harapkan.

Tema dan info #GueBenari #SayaBerani masih turut juga ditampilkan dalam kegiatan ini. Dan untuk lebih memperkenalkan lagi tentang website gueberani.com tersebut, terutama untuk teman-teman komunitas LSL.

Lalu Yang sangat memuaskan pula dari kegiatan ini adalah banyaknya teman-teman komunitas yang hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sehingga tanggapan dari KPA dan DinKes untuk program penjangkauan komunitas MSM cukup tercapai dan terlaksana.

Stand foto booth pun disediakan oleh panitia dan tidak tanggung-tanggung, ada 2 stand. Dengan tema Get To Zero dan Summer.Dan banyak sekali dari pengunjung yang memanfaatkan untuk berfoto.

Next time harapan dari semua peserta, acara seperti ini bisa terus dilakukan dalam meningkatkan edukasi untuk seluruh masyarakat dan khusus nya teman-teman komunitas yang mana dahulunya sangat tertutup akan masalah kesehatan dan kini dengan adanya program penjangkauan, mereka lebih mau membuka diri, Demi mencapai Indonesia yang bebas dari HIV AIDS.

*Oleh : Rhudiansyah Noor Rhasya.

No Comment

You can post first response comment.

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.